Minggu, 22 Oktober 2017

Pernikahan Kita Berdua

Alhamdulillah.. Setelah sekian lama mencari pendamping hidup, akhirnya kutemukan juga jodohku. Sudah sah aku menjadi istri dari bapak Dian Hendra Perdana. Sudah sah juga menjadi menantu dari bapak Marli.

Aku bukan perempuan tercantik di dunia, bukan juga yang paling baik, bukan yang paling pinter, dan bukan orang yang bisa segalanya. Siapa sih aku? bisa apa sih aku? Paling-paling bisanya ngabisin duit, merintah-merintah, dll. Cantik aja nggak, bisa masak juga nggak, bisa bersih-bersih rumah juga nggak. Hahaha.. Tapi alhamdulillah ya, Allah baiiik banget, ngasih suami yang bisa terima aku apa adanya, nggak minta aneh-aneh, plus suabaaar banget.

Aku dan mas Hendra bisa di bilang baru aja kenalan. Tapi kenapa kita bisa menikah? HuAllahua'lam ya.. Mungkin emang udah jodoh. Sama-sama niat mencari pendamping hidup. Sama-sama niat beribadah. Sama-sama yakin kita berjodoh. Sama-sama cinta karena Allah SWT. Semoga kita bisa saling melengkapi satu sama lain. Amiiin..


Mohon doa restunya ya teman-teman dan saudara-saudaraku semua, semoga keluarga baru kami ini menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warrahmah. Amiiin. Mohon maaf apabila tidak semua di undang, yang di undang pun ada yang tidak datang. Jadi, sama-sama harap memaklumi sajalah ya.. Sekarang Kiky dan mas Hendra sudah sah di mata hukum dan agama =) Alhamdulillah..

Minggu, 06 November 2011

Peralatan Merajut - Mengenal Alat dan Bahan untuk Merajut

Jika kalian sudah siap belajar merajut, mari kita menyiapkan alat-alat apa saja yang dibutuhkan dan bahan-bahannya. Bagi kalian yang awam sekalipun tentang dunia rajut, pasti sudah tahu bahan utama untuk belajar merajut, yup bahan utamanya adalah benang. Lalu peralatan untuk merajut? Apa kalian sudah tahu semua? Yuk kita mengenali berbagai peralatan merajut. Berikut adalah alat dan bahan untuk memulai merajut yang wajib ada:
  1. Benang
  2. Hakpen / Jarum Crochet / Hook
  3. Gunting
  4. Stitch Marker / Penanda
  5. Jarum Tapestry / Jarum Sulam
  6. Meteran / Penggaris

    Benang adalah material yang akan dirajut. Ada berbagai macam jenis benang yang dapat dirajut. Ada yang ukurannya kecil dan ada yang besar, ada yang halus dan ada yang kasar. Semua tergantung kebutuhan saat merajut. Nanti akan kita bahas macam-macam jenis benang dan kegunaannya ya.. Kalau ada jenis benang yang belum aku tahu, tetapi kalian sudah tau, boleh share ke kita-kita. Untuk pemula sebaiknya pakai jenis benang apa? Aku pribadi lebih menyarankan untuk menggunakan benang yang teksturnya padat dan sedikit berbulu. Kenapa? Karena dengan menggunakan benang tersebut akan mempermudah proses belajar merajut. Kita dapat merajut dengan nyaman tanpa ada helaian benang yang nyangkut, kita dapat melihat dengan jelas bentuk pola dari tusukan yang kita buat, dan yang pasti kita dapat menghitung jumlah tusukan yang telah dibuat. Jenis benang yang teksturnya padat dan tidak berbulu seperti benang katun dan polyester.
    Hakpen / Hook / Jarum Crochet adalah alat utama yang digunakan saat merajut. Bentuknya seperti pengait di ujungnya. Ukurannya pun bermacam-macam sesuai besar kecil benang yang akan digunakan. Selain itu material bahannya juga bermacam-macam. Ada yang terbuat dari besi, alumunium, bambu dll. Next time deh ntar kita bahas lebih dalam macam-macam hakpen. Biar nambah wawasan dikit-dikit ya.. hahaha.. Nah, untuk pemula biasanya pakai jenis hakpen yang mana? Ukurannya berapa? Ini pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Di awal tadi, Aku menyarankan memakai benang katun dan polyester. Hakpen yang cocok digunakan untuk benang tersebut, yang pasti yang juga mudah dijumpai di toko craft, merk rose atau tulip ukuran 3/4. Harganya cukup terjangkau, sekitar 3000 rupiah hingga 20000 rupiah. Murah bukan?
    Selanjutnya adalah gunting. Siapa sih yang nggak tahu gunting? Hahaha.. Setiap rumah pasti adalah yaaa.. Dan pastinya semua sudah pernah pakai gunting kan.. Gunting ini fungsinya untuk memotong benang pada akhirnya. Atau digunakan saat akan mengganti jenis benang. Nggak perlu gunting khusus kok. Asal masih tajam dan bisa digunakan untuk menggunting benang. Saran saja sih. Kalau bisa guntingnya nggak dicampur dengan keperluan lainnya. Siapkan gunting khusus untuk benang rajut. Simpan bersama alat rajut lainnya. Jadi, disaat kalian butuh untuk menggunting benang. Kalian bisa dengan mudah mendapatkan guntingnya.
    Stitch Marker / Penanda ini penting untuk kalian yang sedang merajut barang-barang yang membutuhkan hitungan seperti membuat kardigan, baju bayi, syal, dll. Stitch marker akan lebih berfungsi saat kalian membuat rajutan yang menggunakan lebih dari 1 jenis tusukan / motif. Stitch marker ini bisa dalam bentuk apa aja ya.. nggak harus yang dijual-jual di toko alat craft. Kalau kalian punya peniti di rumah, bisa di pakai. Lebih mudah dan lebih murah lagi kalau kalian pakai sisa-sisa benang dengan warna yang kontras.
    Jarum tapestry / jarum sulam digunakan untuk menyelipkan sisa benang di akhir rajutan. Bentuknya hampir sama seperti jarum biasa, hanya saja kadang diujungnya tidak runcing. Dan lubangnya besar. Usahakan pilih jarum sesuai kebutuhan ya.. Biar nggak susah masukinnya.

    Yang terakhir adalah meteran / penggaris. Setiap kali kita merajut, pasti butuh yang namanya meteran. Fungsinya jelas untuk mengukur yaaa.. Hahaha.. Apalagi kalau mau merajut wearable. Udah pasti kepakainya deh.. Biar muat nantinya..

    Aku kira itu saja yang biasanya wajib tersedia saat merajut. Ada beberapa tambahan alat yang perlu disediakan nantinya bila kalian sudah jago merajut dan udah terima banyak orderan. Wkwkwk.. Misal seperti tas untuk menyimpan rajutan, buku catatan (pas kamu pengen nyatet pattern baru karyamu sendiri), buku pola (pas kalian pengen cari ilmu-ilmu atau pattern-pattern baru), video tutorial merajut (membantu proses belajar merajut), boks koleksi benang (disaat benangmu sudah terkumpul banyak), dompet menyimpan alat-alat rajut seperti dompet hakpen (disaat koleksi hakpenmu sudah banyak dengan berbagai macam bentuk, varian, dan ukuran).

    Sekian posting kali ini, semoga bermanfaat. Selamat belajar.. Selamat berkarya..

    Sabtu, 05 November 2011

    Kunci Belajar Merajut

    Apasih yang perlu di siapkan saat belajar merajut? Untuk memulainya, kita pasti perlu menyiapkan alat dan bahan. Akan tetapi, terlebih dahulu kita perlu mengetahui kunci pokok dari belajar merajut. Hah? Kunci? Macam pintu saja pakai kunci. Hahaha.. Ada 8 kunci utama dalam belajar merajut. Diantaranya niat, rajin, ulet/telaten, konsentrasi, sabar, pantang menyerah, selalu optimis dan ikuti passion.

    Sebelum belajar merajut tanamkan dalam hati bahwa "Saya ingin belajar merajut sampai mahir". Apapun kondisinya nanti saat belajar merajut, ingat niat awal. Tanpa adanya niat, pasti hati akan goyah di tengah jalan.

    Layaknya belajar di bangku sekolah, kita harus rajin belajar mata pelajaran matematika, ipa, ips, dll. Saat belajar merajut pun demikian. Semakin kita rajin belajar, semakin mudah kita untuk menguasai teknik merajut. Jangan malas-malas lah.. Buang jauh-jauh perasaan malas. Karena malas hanya akan membuat kita tidak berguna.

    Disaat belajar merajut, kita memerlukan yang namanya ketelatenan. Tusuk, demi tusuk, perlahan kita amati. Apa nama tusukannya, bagaimana cara menusuknya, bagaimana polanya, berapa kali harus mengulang tusukan tersebut, dll. Hal ini dimaksudkan agar pola yang kita kerjakan nantinya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

    Konsentrasi dengan rajutan kita, jangan sampai saat merajut kita lupa tusukan apa ini? Sudah jalan berapa tusuk? Dan lain-lain. Fokuslah pada rajutan anda. Karena di saat masa-masa belajar merajut, kita akan selalu di landa penyakit lupa. Lupa bagaimana menjalankan pola ini dan itu.

    Selain kita perlu telaten dan konsentrasi pada rajutan kita, kita perlu yang namanya sabar. Kenapa sabar? Yup, ada banyak tantangan dalam merajut. Entah benang yang kusut, benang yang putus, lupa sudah berjalan berapa kali tusuk, dll. Hanya dengan sabar kita bisa menanganinya. Wah, benangnya kusut, sabar sabar mari kita urai kembali agar tidak kusut. Wah, ada tusukan yang kelewatan, sabar-sabar mari kita bongkar dan rajut kembali hingga tidak ada tusukan yang terlewatkan. Begitu seterusnya.

    Seperti yang saya katakan sebelumnya, ada banyak tantangan dalam belajar merajut, oleh karena itu jangan anda berputus asa di tengah jalan. Kembali ingat niat awal anda. Jangan menyerah. Mari perlahan kumpulkan semangat dan mulai merajut kembali. Putus asa hanya akan membawa penyesalan di akhir.

    Optimislah bahwa anda pasti bisa. Yakin semua tantangan dalam belajar merajut dapat anda lewati dengan mudah. Salah merajut, ulangi, salah merajut lagi, ulangi. Yakin anda pasti bisa. Perajut yang kini handal, dulunya seperti anda kok. Mereka juga melalui proses belajar. Mereka yakin bisa. Hingga kini mereka dapat merajut dengan berbagai macam jenis tusukan yang ada. Keren kan?

    Yang terakhir adalah ikuti passion anda. Jangan mudah terpancing orang lain. Semoga postingan kali ini bermanfaat ya.. Selamat berkarya, selamat belajar.. =)

    Jumat, 04 November 2011

    Definisi crochet - Apa sih Crochet itu?

    Secara definisi, crochet adalah suatu proses pembuatan helaian kain dengan cara mengaitkan benang atau untaian sejenis benang lainnya (seperti nilon, kaos, rumput jepang, dsb) dengan menggunakan kait yang biasa disebut dengan crochet hook.

    Crochet hook sendiri adalah alat yang digunakan untuk crochet. Bentuknya bermacam-macam, hanya saja disalah satu ujungnya pasti ada pengaitnya. Tentu saja fungsinya untuk mengait benang. Bahannya pun bervariasi, ada yang terbuat dari logam, kayu, plastik, dll.

    Projek yang paling banyak di minati oleh para crocheter diantaranya, membuat selimut, kaos kaki, topi, sarung tangan dll. Tidak hanya barang-barang yang dapat dipakai saja, kita dapat membuat hiasan dinding, tirai jendela, boneka, tas, dompet dll.

    Banyak orang yang menganggap crochet adalah pekerjaan untuk mengisi waktu luang bagi perempuan dan khususnya bagi mereka yang sudah lanjut usia. Namun kini, crochet tidak hanya diminati oleh perempuan saja, anak muda (perempuan atau laki-laki) juga suka lho. Dan crochet ini tidak hanya dilakukan untuk mengisi waktu luang saja, ada yang menjadikannya sebagai sumber mata pencaharian utama dalam keluarga. Bahkan tidak dipungkiri lagi kalau crochet dapat menginspirasi para desainer-desainer di seluruh dunia. Amazing bukan?

    Buat anda yang ingin mencoba bagaimana sih crochet itu, jangan lupa niat dulu. Tanpa adanya niat yang bulat / utuh, semua akan sia-sia. Menurut pengalaman pribadi saya, saya melakukan bongkar pasang berulang-ulang lebih dari 10x, membuat saya bisa melakukannya. Dan mengerti dimana letak kesalahan saya saat ber-crochet ria. Karena saya yakin saya bisa. Dan saya tetap berniat untuk bisa. Apapun yang diinginkan semua harus niat.

    Sekian posting pertama saya tentang defini crochet - apa sih crochet itu? Untuk bagaimana cara ber-crochet ria, akan saya lanjutkan di next post selanjutnya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tahu apa itu crochet.